Kopi kan rasanya sama aja - PAHIT

Kopi Si Pahit Hitam Manis

Siapa sih yang tidak tau dengan minuman hitam manis yang disajikan panas untuk menemani nongkrong atau sekedar santai di rumah? Ya, minuman itu adalah kopi yang di Indonesia sepertinya sudah mendarah daging dan menjadi bagian dari budaya itu sendiri. Bahkan bisa jadi "ngopi" adalah subkultur budaya sendiri di Indonesia.

Tetapi mengapa minuman hitam yang identik dengan rasa pahit ini begitu digemari di Indonesia bahkan di seluruh dunia? Tidak lain tidak bukan karena keanekaragaman cita rasa, cara pengolahan dan efek yang ditimbulkannya terhadap pengkonsumsinya. Bagi sebagian orang yang tidak begitu suka mengkonsumsi kopi, barangkali akan berkomentar minuman pahit gitu aja kok suka, namun itu tidak berlaku bagi para pecinta dan penikmat kopi. Dalam level tertentu mereka bahkan bisa membedakan rasa yang unik dari berbagai jenis kopi, bahkan yang sudah dicampur/mix dengan bahan-bahan lainnya.

Nah, ini yang menarik. Perpaduan kopi dengan bahan lain semakin membuat keanekaragaman cita rasa kopi menjadi bervariasi. Kreatifitas manusia memang tidak ada batasnya. Coba kita tengok variasi penyajian kopi mulai dari yang paling umum kita temui di Indonesia seperti cappuccino, latte, mochacino, dll. Masing masing memiliki citarasa yang berbeda pula.

Mari kita simak apa saja varian rasa dan penyajian kopi yang umum kita temui baik sekedar di warkop pinggir jalan sampai di coffe bar terkenal di pusat perbelanjaan.

1. Kopi Tubruk

Jenis kopi yang paling banyak ditemui di warung kopi dan rumahan. Disebut juga dengan kopi tradisional. Cara pembuatannya cukup sederhana hanya dengan mencampurkan bubuk kopi dan gula dengan takaran sesuai selera kemudian disiram dengan air panas.


Kopi tubruk tradisional

Kopi tubruk tradisional kadang divariasikan menjadi kopi susu tubruk dimana penyajiannya tetap tradisional. Bedanya hanya pada penambahan susu kental manis kedalam campuran gula dan kopi saja.

2. Kopi Tanpa Ampas (French Press Coffee)

French Press sebenarnya adalah salah satu alat untuk membuat kopi tanpa ampas. Kopi yang digunakan pada alat french press biasanya digiling agak kasar. Pemisahan ampas dengan minuman kopi dilakukan dengan cara menekan saringan sehingga ampas larut ke dasar.


French Press Coffee

Sebenarnya masih banyak teknik pembuatan kopi tanpa ampas selain dengan french press. Bisa dengan menggunakan kertas saring khusus kopi, dengan proses ekstraksi kopi menjadi coffe instan tanpa ampas dan lain-lain.

Jika berminat membeli french press dengan harga temurah, silahkan klik link berikut :

French Press Murah Harga Mulai 20rb << Klik

3. Kopi Tetes Vietnam (Vietnam Drip)

Kopi Vietnam Drip merupakan cara penyajian kopi dengan menggunakan cangkir berlubang dengan alas di bawahnya. Biasanya digunakan untuk menyajikan kopi susu. Cangkir pembuat kopi vietnam drip umumnya lebih dikenal dengan nama "one two cup", karena penyajiannya yang seperti gelas ditumpuk. Pada cangkir sebelah atas digunakan untuk menampung kopi yang kemudian diisi dengan air panas. Air hasil saringan akan menetes perlahan (dripping) oleh sebab itu metode ini dinamakan vietnam drip dimana awal populernya berasal dari negara Vietnam.


"One Two Cup" Vietnam Drip Coffee

Kopi yang digunakan adalah jenis giling kasar, jika menggunakan kopi giling halus maka pada dasar cangkir sebelah atas dilapisi dengan kertas saring kopi.

Tertarik untuk membeli "one two cup" vietnam drip? klik link dibawah ya :

Vietnam Dripp One Two Cup << Klik

4. Cappuccino

Cappucino adalah perpaduan 3 bahan kopi espresso, susu stim, dan busa susu dengan perbandingan 1:1:1. Jadi komposisinya terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, 1/3 milk foam. Biasa disajikan dengan tambahan choco granul (serbuk coklat kasar) diatasnya.


Cappuccino dengan choco granul

Minuman ini sangat populer di Indonesia sehingga banyak sekali versi instannya dalam kemasan sachet. Dijual dengan berbagai merek dan tentu saja kualitas dan rasanya sesuai harga ya gaes. Tidak usah sebut merek ya, karena kalian semua pasti tau apa aja macamnya.

5. Mochacino

Satu lagi varian penyajian kopi yang bernama mochacino. Kalau cappuccino menggunakan campuran dominan dari susu, mochacino menggunakan campuran coklat cair juga. Perbandingan komposisinya adalah 2/5 espresso, 2/5 coklat, 1/5 susu, atau gampangnya perbandingan 2:2:1.

Varian ini juga tidak kalah poluler di Indonesia dibandingkan cappucino. Tersedia pula kopi instannya dengan berbagai merek dalam kemasan sachet

6. Coffee Latte

Coffe latte dipopulerkan di Italia, namun sebenarnya secara sederhana di negara Indonesia, kita bisa menyebutnya dengan kopi susu. Komposisi coffee latte adalah espresso dan susu dengan perbandingan 2:1. Namun tentu saja tergantung jenis susu yang kita gunakan, apakah susu skim, susu sapi asli, atau hanya sekedar krimer atau susu kental manis. Kualias susunya lah yang membedakan rasanya.

7. Espresso

Espresso adalah bahan dasar dari semua komposisi varian penyajian kopi. Tentu saja, karena espresso sebenarnya adalah perasan kopi murni yang didapatkan dengan menggunakan alat bernama espresso maker. Metodenya adalah dengan cara memampatkan bubuk kopi kedalam wadah bertekanan tinggi kemudian dialiri air dengan suhu yang hampir mendidih sekitar 90 derajat celcius. Hasilnya adalah cairan kopi kental yang rasanya sangat pahit. 

Jarang ada yang meminum kopi espresso murni tanpa campuran karena efeknya sangat luar biasa. Bisa menghilangkan kantuk seketika dan membuat jantung berdebar kencang. Ibarat minum susu dari sumbernya langsung


Espresso maker

Berapa sih harga alat pembuat espresso ini? Ya mahal gaes... masih kisaran Jt Jt lah. Tapi ada kok yang harganya lumayan terjangkau harga dibawah 1 Jt. Cek ini gaes mumpung masih diskon ketika artikel ini ditulis. Kalau harga naik ya wassalam, udah habis masa promonya.

Espresso Maker Discount Dijamin Ori!!! << Klik

Min, kenapa espresso tidak ditulis di baris paling awal saja, kok malah di nomor 7? Sengaja lah, biar ente-ente semua scroll sampai bawah dulu, ndak asal skip skip kayak badoo atau tinder. Wekekekeke.... 😂😂😂

8. Americano

Seperti yang disebutkan di atas, espresso adalah sari kopi kental yang pekat dan sangat pahit. Bagi yang tidak kuat dengan pahitnya maka espresso dirubah menjadi coffe americano. Ya simple aja caranya hanya dengan menambahkan tambahan air panas dan viola... jadilah coffe americano.

Yaelah bang.. bilang aja kalau americano itu espresso encer, ribet amat syiiichh.... 😒

9. Frappe

Frappe tidak bisa dibilang salah satu varian penyajian kopi, malahan lebih kepada penyajian minuman dengan cita rasa kopi. Komposisi frappe bisa berupa ice cream, cream foam, sirup dengan es dan sebagainya. Namun berbeda dengan milkshake ya gaes, karena milkshake ada yang tidak mengandung kopi. Frappe biasa disajikan dingin dengan es batu utuh atau serutan.


Varian Frappe sangat banyak tergantung komposisi bahannya

Masih banyak lagi varian kopi yang ada di dunia. Kebanyakan hanya variasi takaran komposisinya saja yang berbeda namun namanya sudah berbeda. Contohnya : Macchiato, Ice Coffee, Marocchino, Rafcoffee, Corretto, Glace, Con Panna, Bicerin, Vienna Coffee, Caramel Frappe, Flat White, Breve, Irish Coffee, Fredoo, dll.

Apakah ngopi baik untuk ibu hamil? Tentu saja tidak disarankan ya gaes, karena bisa meningkatkan tekanan darah yang notabene akan berbahaya bagi kesehatan janin. Lalu apa minuman yang cocok untuk ibu hamil? Cek di sini ya

Itulah gaes beberapa jenis varian kopi yang bisa mimin rangkum. Semoga bisa menjadi penambah kazanah wawasan kalian semua tentang dunia "perkopian". Ingat pepatah jawa bilang "minum kopi kok sama ketan". Artinya, tanya aja pada teman kalian ngerti. He... he... he.... 😅😅😅


Posting Komentar

0 Komentar