Panduan Lamaran Pekerjaan - Disertai Template Lamaran Kerja

Tips Melamar Pekerjaan


Mengisi surat lamaran kerja

Dalam mencari pekerjaan, hal pertama yang pasti dilakukan semua orang adalah mencari informasi lowongan pekerjaan. Setelah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dengan posisi yang diharapkan, tentunya harus ada tindak lanjut dari si calon pelamar kerja. Apakah itu kira-kira?

Ya benar, langkah berikutnya adalah membuat surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan senjata utama kita sebelum terjun dan bersaing dengan para pencari kerja yang lainnya. Format  yang salah, kadang dengan urutan yang amburadul serta tata bahasa yang berulang serta membosankan, adalah blunder yang sering tidak diperhatikan oleh sebagian besar pelamar kerja.

Bagaimana agar kita tidak terjebak menjadi salah satu orang dengan ciri yang disebutkan di atas, mari kita simak ulasannya.

  1. Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang akan kita lamar. Misalkan data alamat lengkap, jenis usaha yang dijalankan, jam kerja, dan informasi dasar lainnya.
  2. Jika perlu, datanglah langsung ke lokasi untuk melihat-lihat sebelum memutuskan untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Terutama yang tidak mau membuang-buang waktu, usaha, tenaga dan biaya untuk membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan bodong, yang ujung-ujungnya itu adalah penipuan.
  3. Perhatikan persyaratan khusus yang disampaikan perusahaan, misalkan diwajibkan membubuhkan kode posisi pekerjaan yang dilamar di amplop, posisi penempatan yang spesifik dan sebagaianya.
  4. Jika mengenal/tahu tentang nama pemilik perusahaan, baik secara langsung atau ada relasi yang mengenalkan, alangkah baiknya nama tersebut dituliskan pada surat lamaran pekerjaan. Bisa ditempatkan di kolom <kepada yth.....> atau di bawah alamat perusahaan dengan format <Up. Bpk/Ibu....>. "Up." artinya Under Person.
  5. Perhatikan prasyarat yang diperlukan perusahaan, berusahalah melengkapi persyaratan tersebut. Tuliskan semua persyaratan yang dibutuhkan di curiculum vitae / daftar riwayat hidup.
  6. Urutkan penempatan berkas surat lamaran pekerjaan sesuai urutan yang tertulis di curiculum vitae / daftar riwayat hidup. Dimulai dengan surat lamaran pekerjaann dengan posisi teratas, disusul dengan curiculum vitae.

Sebagai catatan tambahan, jangan pernah menanyakan gaji yang diberikan perusahaan sebelum wawancara kerja, karena hal itu adalah hal yang paling tidak sopan yang bisa dilakukan oleh calon pelamar kerja. Jaminan untuk diterima kerja kemungkinan 90% ditolak. Cara yang paling baik untuk menanyakan gaji adalah ketika sesi akhir wawancara kerja. Biasanya pewawancara akan memberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan di akhir sesi wawancara. 

Jika pewawancara tidak mempersilahkan untuk bertanya, kita bisa berinisiatif untuk menanyakan sendiri dengan tutur bahasa yang sopan, kemudian disusul dengan penyataan apakah kita kira-kira menolak/menerima pekerjaan tersebut dengan gaji yang ditawarkan. Contoh penyataan tersebut seperti "Baik Pak/Bu, akan saya pertimbangkan dulu", pernyataan ini digunakan untuk menolak halus pekerjaan yang ditawarkan. Atau "Baik Pak/Bu, saya siap dihubungi kapan saja jika memang saya diperlukan", ini adalah pernyataan mau menerima pekerjaan yang ditawarkan.

Lain halnya jika urusan gaji yang ditawarkan sudah dibahas ketika wawancara oleh pewawancara sendiri. Disini dimaksudkan untuk menguji kemampuan tawar menawar anda. Untuk menjawab pernyataan tersebut, alangkah baiknya anda menanyakan spesifikasi pekerjaan apa saja yang akan anda lakukan jika diterima bekerja. Berfikirlah rasio antra gaji yang ditawarkan dimuka dengan deskripsi lengkap pekerjaan yang akan ada tangani. Tentunya anda sendiri yang mampu mengukur kekuatan anda. Lebih baik lagi jika memang deskripsi tersebut sudah tertera dalam kontrak kerja, sehingga tidak ada salah satu pihak yang bermain curang dengan menambah/mengurangi jenis pekerjaan yang dilakukan namun mendapatkan gaji dengan nilai yang sama.

Jika anda mencari template surat lamaran pekerjaan dengan format dokumen, silahkan download di sini : Template Surat Lamaran Pekerjaan.docx

Jika anda mencari template daftar riwayat hidup / curiculum vitau dengan format dokumen, silahkan di download di sini : Template Daftar Riwayat Hidup.docx


Posting Komentar

0 Komentar