Menu Buka Puasa Bukber Enak Sehat dan Rendah Kalori


Momen Ramadhan kayaknya tidak lengkap jika tidak digunakan untuk acara kumpul kumpul bareng teman, saudara, keluarga atau bahkan sahabat lama yang jarang bertemu. Selain sebagai ajang mempererat tali silaturahmi, tentunya bisa juga dijadikan ajang melepas rindu dan bernostalgia dengan teman dan saudara yang sudah lama tidak bertemu.

Salah satu acara yang bisa mewadahi hal di atas adalah mengadakan buka bersama di bulan Ramadhan. Pasti dong acara makan-makan tidak akan dilewatkan oleh siapa saja. Siapa sih yang tidak suka makan, apalagi jika gratis ya kan gaes he he he... Namun tak jarang juga loh ada yang melewatkan momen bukber alias buka bersama ini gara-gara hal tertentu, seperti sedang diet, sedang dalam masa kontrol kesehatan, menghindari makan di luar dan lain sebagainya. 

Nah bagaimana kita mensiasati hal tersebut agar acara bukber yang kita adakan nanti sukses dan dihadiri oleh orang atau undangan yang kita harapkan? Tips nya adalah siapkan menu buka puasa yang enak, sehat dan rendah kalori agar menu yang ditawarkan bisa dikonsumsi dengan orang dengan "kebutuhan khusus" sekalipun. Informasikan kepada undangan atau siapa yang bakal hadir diacara bukber tersebut bahwa menu yang disajikan sehat dan aman bagi semua.

Apa saja menu rekomendasi yang bagus sesuai kriteria tersebut diatas? Yuk kita simak beberapa menu yang patut dicoba.


1. Nasi Beras Merah dan Nasi Jagung

Selain menyediakan nasi putih, alangkah baiknya kita juga menyediakan variasi pilihan nasi lain seperti nasi beras merah dan nasi jagung. Nasi beras merah sangat direkomendasikan bagi orang yang mengikuti program diet atau bahkan bagi profesional yang berkutat dalam dunia fitnes dan bodybuilding. Selain itu nasi jagung juga patut dipertimbangkan terutama jika diantara teman dan tamu undanganmu ada yang memiliki riwayat diabetes melitus. Tentu hal ini sangat membantu sekali untuk mereka bukan.


2. Sayur Hijau

Sayur merupakan menu wajib yang harus hadir dalam acara makan-makan. Selain manfaatnya yang banyak, sayur merupakan pelengkap menu utama selain lauk. Pakailah sayur seperti wortel, brokoli, kangkung, sawi, bayam, selain kaya serat sayur jenis ini memiliki kadar vitamin yang tinggi. Usahakan dalam pengolahannya tidak terlalu matang agar kandungan vitamin dan mineralnya tidak hilang terlalu banyak. Selain itu sayur tertentu juga bisa dibuat salad sayur namun hindari penggunaan topping yang saus yang berlebihan.


3. Buah-Buahan

Buah-buahan bisa dikonsumsi mentah seperti apa adanya setelah dicuci bersih. Disamping dikonsumsi apa adanya, bisa juga diolah menjadi salad buah. Jika buah disajikan dalam bentuk minuman, alangkah baiknya jika disajikan dalam bentuk jus buah murni, smoothie, atau milkshake fruit tentunya menggunakan susu rendah lemak. Jika buah disajikan dengan sirup, pakailah sirup yang menggunakan gula rendah kalori. Untuk mendapatkan manfaat dari buah sepenuhnya, olahlah buah terakhir sebelum tamu datang agar kesegaran buah tetep terjaga dan masih fresh ketika disajikan.


4. Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe adalah sumber protein nabati yang tidak boleh diremehkan. Selain kandungan protein yang dihasilkan sangat tinggi, tahu tempe juga bisa menjadi masakan yang meliki rasa yang tidak kalah dengan jenis masakan lainnya. Banyak sekali variasi pengolahan tahu tempe yang tidak melibatkan minyak dan penggorengan, sehingga kita juga bisa mendapatkan manfaat dari tahu tempe tanpa menambah kadar lemak. Pernah dengar tahu tempe bacem, botok tahu tempe, nah masih banyak lagi loh varian olahannya yang patut dicoba.


5. Ikan Tongkol & Kakap

Gizi yang diperlukan manusia tidak melulu dari tumbuhan, tentunya juga harus mendapatkan asupan gizi dari sumber hewani. Sumber gizi hewani bisa kita temui dimana saja baik di darat, air, laut dan udara. Untuk penyuka makanan laut, cobalah menu dari ikan tongkol atau kakap. Selain rendah lemak, ikan ini memiliki kandungan protein tinggi dan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung.


6. Kentang dan Ubi

Bagi anda yang diet dan ingin mengurangi konsumsi karbo secara berlebihan, maka alternatifnya adalah makan kentang dan ubi sebagai penggantinya. Jenis gula yang terkandung dalam kentang dan ubi lebih mudah dipecah dibandingkan gula dari nasi putih. Sehingga anda tidak perlu takut terlalu gemuk tapi perut tetap kenyang.


7. Ayam dan Daging Sapi

Acara buka bersama tentu tidak asyik jika hanya memberikan menu nasi dan sayur saja, nantinya dikira pelit. Siapkan juga menu daging bagi seperti ayam dan daging sapi dengan catatan pilih jenis daging yang rendah lemak ya. Daging rendah lemak pada ayam terutama adalah di bagian dada, sedangkan jenis daging sapi yang rendah lemah adalah bagian tenderloin.

Demikian saran menu yang sehat enak dan rendah kalori untuk berbukan puasa. Pastikan konsumsi dengan sewajarnya ya gaes, konsumsi berlebihan tentunya juga kurang baik untuk kesehatan. Siapkan porsi secukupnya untuk berbuka puasa, nanti jika memang kurang kenyang bisa nambah sendiri kan, jadi jangan serakah ketika awal berbuka puasa sudah makan langsung banyak. Selamat menunaikan ibadah puasa


Posting Komentar

0 Komentar