Cara Membayar Zakat Secara Online

Zakat online adalah harta tertentu yang seseorang keluarkan untuk golongan yang membutuhkan dengan metode pembayaran online. Sekarang, ada banyak situs resmi yang dapat menjadi perantara seorang pemberi sedekah dengan penerima sedekah. Meskipun begitu, kita harus tetap jeli dalam memilih layanan zakat online karena ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar zakat kita sah. Mari kita simak cara pembayaran zakat online di bawah ini

Apakah Zakat online diperbolehkan ?

Cara Membayar Zakat Online

1. Pilih Situs Zakat Online Terbaik

Sekarang, ada banyak situs penyedia layanan sedekah berbasis daring. Dengan begitu, kamu bisa memilih laman pembayaran zakat terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan kamu memilih situs penyaluran sedekah resmi dan terjamin keamanannya, ya!

2. Kenali Jenis Zakat

Dalam Islam, ada beberapa jenis zakat yang wajib umat Islam ketahui. Semua umat muslim wajib memenuhi zakat fitrah di bulan Ramadhan. Sementara itu, zakat harta itu wajib kamu keluarkan saat hartamu mencapai nishab atau jumlah minimum harta dan haul atau masa kepemilikan harta. Dalam hal ini, kamu harus menyisihkan sebagian keuntungan investasimu saat keuntungan yang kamu peroleh sudah mencapai nishab dan haul selama satu tahun.

3. Tentukan Nominal Zakat

Besaran sedekah wajib itu sesuai dengan jenis dan muzaki. Misalnya, kamu ingin membayar zakat fitrah sebesar 2,5 kg beras per jiwa. Namun, kamu juga bisa membayar sedekah wajib tersebut berupa uang tunai dengan nilai setara dengan harga 2,5 kg beras.

Sebagai contoh lain, kamu ingin membayarkan zakat investasi reksa dana. Untuk itu, kamu perlu menyisihkan 2,5% dari total asetmu. Biasanya, situs penyalur sedekah wajib ini juga memiliki kalkulator khusus yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran.

4. Lengkapi Profilmu

Umumnya, kamu harus melengkapi data diri sebagai profil penyalur sedekah. Mulai dari nama lengkap, nomor ponsel, hingga alamat email. Pengisian formulir data diri ini menjadi bukti donatur telah melakukan penyaluran sedekah. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan untuk mengisi data profilmu dengan tepat.

5. Pilih Metode Pembayaran

Saat ini, kamu bisa memilih berbagai metode pembayaran yang praktis. Mulai dari pilihan transfer bank, e-wallet, hingga pembayaran melalui e-commerce. Jadi, kamu dapat bersedekah dengan mudah, praktis, dan aman.

6. Penyaluran Zakat

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, kamu berhasil menyalurkan infak wajib kepada golongan orang yang membutuhkan. Waktu pelaksanaan zakat online dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan secara daring melalui situs penyaluran sedekah pilihanmu.


Posting Komentar

0 Komentar